Minggu, 18 Oktober 2015

ANDAI SAYA MENJADI MENTERI KOPERASI



Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai koperasi.

Apakah kalian tau apa itu koperasi? Didalam sebuah bisnis itu ada yang namanya koperasi. Sekarang kan banyak beberapa orang yang  tidak manyukai dengan adanya pemilik,manajer,pekerja dan pembeli sebagai individu yang terpisah. Namun orang-orang ini telah membentuk sebuah organisasi jenis yang berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan mereka seperti sembako,pelayanan kesehatan dll. Organisasi ini dinamakan koperasi,yaitu suatu organisasi yang dimiliki dan dikendalikan oleh seseorang demi kepentingan bersama.

Kelemahan koperasi Indonesia disebabkan karena beberapa factor-faktor atau permasalahan yang dihadapi oleh koperasi Indonesia seperti:

1.      Adanya peraturan-peraturan yang bertentangan dengan azas-azas koperasi yang mana telah di katakan bahwa perekonomian disusun atas azas kekeluargaan di mana koperasi beroperasi juga atas azas kekeluargaan yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya dan bukan berazaskan akan kepentingan sendiri.

2.      Koperasi kurang peminatnya,karena banyak masyarakat yang beranggapan kalau koperasi itu adalah usaha bersama untuk masyarakat kalangan menengah kebawah. Dan juga banyak masyarakat yang pengetahuannya kurang tentang koperasi.

3.      Sumber Daya Manusia yang terbatas,sumber daya manusia ini yang dimaksud adalah pengurus koperasi. Banyak pengurus koperasi yang diambil atau dipilih dari masyarakat yang mengikuti organisasi koperasi,lalu banyak juga pengurus koperasi yang sudah berusia lanjut. Ini yang menyebabkan ketidakfokusan dalam mengelola koperasi itu sendiri.
  
4.      Keterbatasan Modal
Pemerintah perlu memberikan perhatian kepada koperasi yang memang kesulitan dalam masalah  permodalan. Kurangnya dana sehingga fasilitas-fasilitas yang sudah ada tidak dirawat,hal ini dapat menyebabkan koperasi tertinggal karena kemajuan teknologi yang sangat cepat. Dengan pemberian modal koperasi dapat memperluas usahanya sehingga dapat bertahan dan bisa berkembang. Selain pemerintah, masyarakat merupakan pihak yang tak kalah pentingnya, dimana mereka yang memiliki dana lebih dapat menyimpan uang mereka dikoperasi yang nantinya dapat digunakan untuk modal koperasi.

5.      Banyaknya pesaing
Pesaing merupakan hal yang tidak dapat dielakkan lagi, tetapi kita harus mengetahui bagaimana menyikapinya. Bila kita tidak peka terhadap lingkungan (pesaing) maka mau tidak mau kita akan tersingkir. Bila kita tahu bagaimana menyikapinya maka koperasi dapat berkembang.

Banyak hal yang menyebabkan koperasi-koperaasi di Indonesia mengalami kebangkrutan yang dikarenakan diantaranya yaitu nilai dan azas koperasi, buruknya manajemen koperasi baik manajemen keuangan maupun manajemen SDM serta minimnya partisipasi anggota akibat kurangnya pendidikan akan perkoperasian. Kalau saya menjadi menteri koperasi saya akan mengatasi semua masalah tersebut satu persatu dengan baik dan memiliki strategi untuk memperkokoh dan sebagai acuan untuk masyarakat yang berkepentingan dalam pemberdayaan koperasi.

Saya akan memberikan pengetahuan dan pengarah kepada generasi-generasi muda agar mereka dapat berpartisipasi dalam koperasi. Karena,berpartisipasi dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan dapat mendukung perkembangan koperasi. Lalu akan diadakannya sosialisasi mengenai koperasi agar pengetahuan masyarakat tentang koperasi akan bertambah. Dan masyarakat juga dapat mengetahui  bahwa sebenarnya koperasi itu merupakan ekonomi rakyat yang dapat menyejahterakan anggotanya,sehingga mereka berminat untuk bergabung.

Kemudian, pemerintah harus bisa mengawasi jalannya kegiatan koperasi sehingga bila koperasi mengalami kesulitan, koperasi bisa mendapat bantuan dari pemerintah, misalnya membantu penyaluran dana untuk koperasi. Lalu, Dalam pelaksanaan koperasi tentunya memerlukan manajemen, baik dari bentuk perencanaan,  pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Karena hal ini sangat berfungsi dalam pengambilan keputusan tetapi tidak melupakan partisipasi dari anggota. Apabila semua kegiatan koperasi bisa dijalankan dengan baik dan setiap anggota mau mengambil  bagian di dalam kegiatan koperasi serta perhatian pemerintah dapat memberikan motifasi yang baik, koperasi pasti dapat berjalan dengan lancar.











Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar