Jumat, 22 Januari 2016

Siapkah Koperasi Menghadapi Globalisasi?


Koperasi merupakan lembaga organisasi kemasyarakatan yang sudah sejak lama hadir di masyarakat. Kita dapat menjumpai berbagai koperasi di tengah masyarakat seperti koperasi sekolah ataupun yang lainnya. Akan tetapi pada zaman globalisasi ini koperasi menghadapi tantangan yang begitu besar. Bahkan karena adanya globalisasi banyak koperasi yang sudah tidak bisa menunjukan eksistensi nya dimasyarakat da akhirnya tutup. Hal ini menimbulkan pertanyaan, “Siapkah Koperasi Menghadapi Globalisasi?”

Sebelum mengetahui jawannya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan globalisasi. Globalisasi adalah suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar atau bisa disebut masyarakat global. Semua orang di seluruh dunia saling terhubung dalam segala aspek kehidupan. Lebih singkatnya yang dimaksud dengan globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak lagi mengenal batas-batas wilayah suatu negara, globalisasi terbentuk sebagai akibat adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi internasional yang majunya sangat pesat atau cepat.

Dalam segi ekonomi globalisasi dapat dit ekonomi dapat diartikan sebuah proses pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sebuah sistem ekonomi global. Contoh pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi adalah adanya pasar terbuka/pasar bebas dan arus modal tanpa pembatas, akan memaksimalkan efisiensi dan efektifitas ekonomi demi terwujudnya kesejahteraan untuk semua.

Para pelaku usaha khususnya koperasi harus mampu bersikap reaktif dan antisipatif dalam ,menghadapi globalisasi. Kita tidak bisa hanya berdiam diri, mengeluh,berteriak dengan berbagai tantangan yang timbul sebagai akibat dari hadirnya globalisasi.

Dalam menghadapi globalisasi koperasi harus kreatif agar menumbuhkan minat masyarakat unutk tetap menggunakan koperasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menyusun program-program yang inovatif agar masyarakat tertarik. Selain itu koperasi juga dapat menyusun program-program yang menguntungkan bagi masyarakat. Dapat berupa bonus,hadiah saat menjadi anggota ataupun membebas biaya kan bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan koperasi. Untuk yang sudah menjadi anggota pun dapat diberikan berbagai reward.



    Langkah koperasi dalam menghadapi era globalisasi ini mempunyai beberapa langkah yaitu mengembangkan usaha koperasi dengan mempertahankan prinsip koperasi, keterkaitan koperasi dengan pelayanan umum, mengatasi beberapa permasalahan teknis usaha bagi koperasi kecil untuk berkembang, mengakomodasi keinginan pengusaha kecil untuk melakukan usaha atau mengatasi masalah usaha dengan membentuk koperasi, peningkatan kemampuan usaha koperasi dan citra koperasi serta penyaluran aspirasi koperasi. Hal ini diperlukan oleh koperasi dalam menghadapi era globalisasi ini

Dengan demikian, koperasi pun mampu setidaknya menghadapi era globalisasi saat ini, bukan malah terseret arus globalisasi yang berdampak koperasi akan tenggelam. Karena sebenarnya koperasi sangat penting bagi Indonesia apalagi dalam menghadapi globalisasi. Hanya saja sebenarnya koperasi kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat yag menyebabkan berkurangnya eksistensi koperasi di masyarakat bahkan cenderung mengalami kemunduran dalam tingkat partisipasi masyarakat.

Koperasi adalah badan usaha untuk melayani umum dan tidak membedakan status sosial, siapa saja boleh menggunakan jasa koperasi, ini adalah tujuan awal koperasi Hal ini menunjukan bahwa koperasi dapat menjamah berbagai lapisan masyarakat tidak hanya yang berada di kota-kota besar tetapi juga pedesaan. Selain itu koperasi juga memberika pelayanan yang membantu. Seperti membantu pengusaha kecil dalam mengembangkan kegiatan usahanya yang juga dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di daerah tersebut hal itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah tersebut.

Peningkatan kemampuan koperasi dan citra koperasi juga sangat penting untuk berkembangnya koperasi karena dengan itu koperasi dapat berjalan dengan baik, juga jika koperasi memberi citra yang baik terhadap masyarakat pasti masyarakat juga akan menyebar informasi kepada masyarakat yang lain yang belum mengerti akan koperasi untuk ikut bergabung.

Jadi, dengan berbagai cara-cara diatas saya yakin jika koperasi siap dalam menghadapi globalisasi. Karena sebenarnya globalisasi juga dapat dijadikan acua untuk terus berkembang dan berinovasi demi meningkatkan kualitas dari koperasi tersebut.



Sumber :

 www.google.co.id (img)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar